SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI....Madrasah Tsanawiyah "NURUL FALLAH"/"MTs. Nurul Fallah" Jl. Durajaya Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon Jawa Barat

PROFIL MADRASAH

NAMA MADRASAH

:

MTs. Nurul Falah

NSM

:

121.2.32.09.0087

KABUPATEN

:

Cirebon

ALAMAT

:

Kmp. Mekar Asih 02/03 Desa Durajaya

TELEPON/FAXIMILE

:

0232-8618462

KODE POS

:

45172

STATUS MADRASAH

:

Diakui

TAHUN BERDIRI

:

1994

TAHUN PENEGRIAN

:

-

TERAKREDITASI

:

B

STATUS TANAH

:

Hak Guna Pakai

LUAS TANAH

:

760 m²

LUAS BANGUNAN

:

294 m²

LUAS HALAMAN

:

466 m²

Visi, Misi dan Tujuan

  • Visi

  • Menjadi Madrasah berstandar Nasional yang mampu mencetak insane mandiri, berprestasi dan berkepribadian Islami

  • Misi

  • Mengembangkan proses penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan standar isi, standar proses dan standar ketenagaan.
  • Menyelenggarakan pembelajaran yang mendorong siswa berprestasi disiplin, berakhlak mulia, memiliki etos kerja yang tinggi, kreatif, kritis dan bertanggung jawab.
  • Menumbuhkan penghayatan dan pengalaman keagamaan melalui berbagai keiatan di Madrasah.
  • Menumbuhkan potensi siswa dalam berbagai kegiatan pengembangan diri
  • Menyelenggarakan pendidikan secara efektif sehingga siswa berkembang secara maksimal dan menumbuhkembangkan aplikasi praktis dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Menyelenggarakan pengembangan diri sehingga siswa dapat berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya serta mengembangkan prilaku religius sehingga siswa dapat mengamalkan dan menghayati agama secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

  • Tujuan

  1. Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Kecamatan Beber dan Kecamatan Greged, khususnya Desa : Durajaya, Jatipancur, Cikancas, Greged, Sindangkempeng, Nanggela dan Beber , untuk menyekolahkan putra-putrinya yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Sekolah Dasar (SD) untuk melanjutkan ke MTs. Nurul Falah Durajaya.
  2. Sebagai jenjang pendidikan dasar 9 Tahun yang bercirikan Islam.
  3. MTs. Nurul Falah Durajaya menerima siswa terutama bagi Siswa yang benar-benar kurang mampu, tetapi memiliki semangat belajar yang tinggi.
  4. Siswa yang tidak diterima di SMP Negeri.


Latar Belakang Historis

MTs. Nurul Falah Durajaya menerima siswa baru pada Tanggal, 16 Juli 1994 dengan berorientasi kepada pidato pencanangan wajib belajar 9 Tahun oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Bapak H. MOH. SOEHARTO, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional.
Dengan melihat lulusan dari SD di lingkungan Desa Durajaya dan sekitarnya masih ada anak yang tidak di terima di sekolah negeri yaitu SMPN Beber I yang berada di Kecamatan Beber, maka pada Tanggal 16 Juli 1994 kami membuka penerimaan siswa baru (PSB) dan Allhamdulillah pada penerimaan siswa baru (PSB) siswa yang mendaptar sebanyak 48 siswa, rombongan belajar I Kelas.

Dan untuk tenaga pengajar kami merekrut sarjana - sarjana pendidikan yang berada di Desa Durajaya yang mau mengabdikan dirinya di MTs. Nurul Falah Durajaya dan dengan suka rela membagikan ilmunya dan berdermabakti untuk generasi dalam Dunia Pendidikan.
Dan Alhamdullillah mereka adalah guru yang punya tanggung jawab besar untuk mengajar anak didiknya .

Pada Tahun ke- 2 (dua) Penerimaan Siswa Baru (PSB) Juli 1995 siswa yang mendaptar sebanyak 50 siwsa dan Pada Tahun ke – 3 (tiga) Penerimaan Siswa Baru (PSB) Juli 1996 siswa yang mendaptar sebanyak 60 siswa dan jumlah rombongan belajar sebanyak 3 (tiga) kelas dan untuk pertama kalinya mengikuti EBTANAS, dengan mengikuti EBTANAS merupakan awal dari ujian bagi kami Tim Guru untuk kedepan jauh lebih maju lagi. Dan Alhamdulillah dari Tahun ke Tahun sampai sekarang Tahun 2008 MTs. Nurul Falah Durajaya semakin meningkat dengan jumlah siswa sebanyak 227 siswa dengan rombongan belajar sebanyak 7 kelas, dan Jumlah Pengajar (Guru) & Karyawan sebanyak 15 orang.

Dari Tahun pertama kelulusan 100 % dengan nilai rata-rata cukup memuaskan dan pada Tahun ke-2, ke-3 sampai dengan Tahun 2007-2008 kelulusan 100 %, dengan nilai rata-rata :
1. Bahasa Indonesia : 6.49
2. Bahasa Inggris : 7.25
3. Matematika : 7.03
4. IPA : 7.40
Dengan gambaran tersebut diatas kami berharap bahwa MTs. Nurul Falah Durajaya kedepannya akan jauh lebih berprestasi dan berkwalitas dan tidak kalah dengan sekolah-sekolah Negeri lainnya.



Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran

Kurikulum

Kurikulum yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Durajaya adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP), yang dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh kelompok atau satuan pendidikan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang pengembangannya mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulus (SKL), muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) meliputi sejumlah mata pelajaran yang kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Falah Durajaya

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falh Durajaya dilaksanakan pada pagi hari dari pukul 07.00 s.d 12.40 WIB.
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan Guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yan bervariasi dan berpusat pada peserta didik, pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.
Dalam pengembangan kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para peserta didik khususnya guru agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara professional, memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar, urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan konsep materi pembelajaran, pengelolaan, pengalaman belajar


Manajemen Madrasah
Untuk 3 (tiga) tahun kedepan manajemen Madrasah akan lebih ditingkatkan dan lebih dilengkapi dengan mengacu kepada kondisi yang tergambar pada saat ini, dengan peningkatan mutu penyelenggaraan kurikulum yang berlaku.

Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia yang akan dating harus lebih ditingkatkan baik guru maupun siswa.
Untuk peningkatan kualitas guru dalam mengajar akan banyak pelatihan-pelatihan, MGMP baik tingkat KKM maupun Kabupaten, dengan pelatihan-pelatihan tersebutilmu kependidikan akan jauh lebih meningkat dalam proses pembelajaran peningkatan kedisiplinan, siswa merupakan modal untuk mencetak kelulusan yang baik,baik moral akhlak maupun kemampuan actual, sehingga lulusan bisa bersaing dengan sekolah-sekolah negeri lainnya sehingga tiga tahun kedepan MTs. Nurul Falah maupun bersaing, dan memiliki kemampuan, keterampilan yang lebih baik dibandingkan dengan lulusan sekolah-sekolah lain.

Kurikulum dan Pembelajara
Kurikulum kedepan akan lebih memperhatikan aspek-aspek lingkungan dengan pembelajaran yang di minati siswa akan lebih meningkatkan kualitas kemampuan siswa dalam belajar

Sumber Belajar
Tiga tahun kedepan sumber belajar harus dilengkapi dengan sumber belajar yang lebih lengkap maka akan lebih meningkatkan kemampuan siswa didalam pembelajaran

Sarana dan Prasarana
Memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, merupakan harapan dan cita-cita untuk meningkatkan proses pembelajaran dan diharapkan saran dan prasarana yang akan dating akan lebih lengkap lagi.

Profil Lulusan

Tiga tahun kedepan kelulusan MTs. Nurul Falah akan jauh lebih baik meningkat dengan presentase (100%), dan akan melanjutkan sekolah ke jenjang tingkat atas (SMA) diharapkan akan lebih banyak lagi.
Lampiran-lampiran hasil Ujian Nasional (UN) dari Tahun 2003-2008 dengan harapan sebagai acuan untuk tahun yang akan dating/tahun depan.


1 komentar:

  1. Salam sukses slalu ... Kami dari MTsN Cisaat Sumber menginformasikan bahwa blog ini sudah saya link-kan di http://mtsncisaat2011.wordpress.com, kami tunggu kunjungannya, terima kasih

    BalasHapus